S-1 Bahasa Lampung Siap Dibuka

logo-unila-warna

(Unila): Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung (FKIP Unila) akan membuka program studi S-1 Bahasa Lampung tahun 2016 mendatang. FKIP rencananya mengakomodasi sekitar 40 mahasiswa untuk angkatan pertama.

Dekan FKIP Unila Dr. Bujang Rahman, M.Si., mengatakan, pendirian program studi Bahasa Lampung merupakan sebuah upaya pelestarian budaya dan sastra Lampung. Pihaknya akan segera membuka program studi S-1 Bahasa Lampung setelah disetujui Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo beberapa waktu lalu.

“Tujuan awalnya untuk melestarikan kebudayaan Lampung baik dari segi seni, pendidikan, maupun bahasa Lampung yang diharapka dapat menjadi ibu seperti halnya bahasa Jawa di Pulau Jawa dan bahasa Sunda di Jawa Barat. Kalangan pemuda di sana tanpa malu menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa percakapan sehari-hari,” ujarnya.

Menurut Bujang komitmen bersama ini tentu saja menjadi sebuah optimisme dan harapan besar bagi Unila, sebagai satu-satunya universitas negeri di bumi ruwa jurai ini. Tentu saja Unila menjadi universitas pertama yang memiliki program studi ini. Ini komitmen bersama antara pemerintah dan Unila.

Apalagi, kata dia, saat ini sudah ada peraturan gubernur tentang pembelajaran bahasa dan budaya Lampung dari tingkat pelajar hingga mahasiswa. Hal itu tentu akan mempermudah Unila.

Kendati demikian dirinya tidak mau terburu-buru membuka prodi Bahasa Lampung sebelum ada kesepakatan dan kerja sama antara Unila dan pemerintah daerah. Ia menilai kerja sama tersebut sangat penting karena para lulusan Unila diharapkan dapat mengamalkan ilmunya kepada masyarakat. Oleh karena itu perlu sinergitas yang baik antara Unila dan Pemprov Lampung.

Bukan hanya dirinya, ia pun meminta seluruh sivitas akademika Unila mendukung dan mendoakan seluruh proses berjalan lancar dan Prodi S-1 Bahasa Lampung ini segera terwujud. “Harapannya, semua pihak bisa bersinergi. Baik Unila, pemprov Lampung, tokoh adat, dan tokoh masyarakat, hingga seluruh masyarakat Lampung,” pungkasnya.[]

 

(DA / sumber: unila.ac.id)

About bem 93 Articles
Website Resmi BEM FKIP Unila | Kabinet KEBANGGAAN BERSAMA | [ubemfkip.gmail.com] | Narahubung: Zulaikah – 085769611714

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*