BELAJAR DARI KWI FMIPA, MABA BUKAN UNTUK DIPELONCO

11071422_1651554185074967_1979374400465285335_n

Kunjungan BEM FKIP Unila yang digawangi oleh Dinas Networking Development ke BEM FMIPA Unila pada Sore hari tadi (24/03/15) selain menjalin silaturahmi juga bertujuan saling sharing program diantara kedua LK yang letak Fakultasnya bersebelahan. Salah satu program kerja BEM FMIPA yang patut diacungi jempol bersama adalah kegiatan Karya Wisata Ilmiah, disingkat KWI.

“KWI merupakan sebuah kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan seluruh mahasiswa baru Fakultas MIPA ke suatu desa terpencil selama lima hari. KWI mengekslor potensi yang dimiliki dalam suatu desa dan mencoba mengentaskan permasalahan terkini dalam desa tersebut dengan mengundang stakeholder terkait, diantaranya Wakil Bupati Tanggamus dan Ketua DPRD, serta perangkat desa tersebut”. Tutur Irkham, Gubernur BEM FMIPA.

Kegiatan KWI terbilang mumpuni dalam meminimalisir aksi perpeloncoan terhadap Mahasiswa Baru oleh senior. Hal ini didukung pula lewat Surat Keputusan Dekan FMIPA pada tahun 2012 yang mewajibkan kegiatan KWI bagi seluruh Mahasiswa baru serta melarang adanya kegiatan Makrab (orentasi) bagi setiap jurusan di FMIPA . Selain itu bagi mahasiswa yang ingin mengajukan Beasiswa, maka diharuskan telah mengikuti kegiatan KWI, dibuktikan lewat sertifikat peserta.

FKIP selaku fakultas yang mencetak kader calon guru, dapat melirik kegiatan pengabdian masyarakat semisal KWI sebagai alternatif dari kegiatan Keakraban Prodi yang sarat akan aksi perpeloncoan. Di FKIP sendiri baru Program Studi P. Geografi yang menerapkan kegiatan tersebut dalam konsep desa binaan. Ganjarannya Prodi P. Geografi menjadi satu-satunya prodi yang berakreditasi A.

“Berkaca dari hal ini, Bukan tidak mungkin di kemudian hari FKIP secara bersama-sama dimotori oleh Pihak Dekanat dan dibantu oleh BEMF serta Hima-Hima yang ada menyelenggarakan kegiatan pengabdian secara bersama di suatu daerah kepada masyarakat sesuai tri darma Perguruan Tinggi.”Pungkas Aryan, Kadis Networking Development mewakili BEM FKIP Unila menutup kegiatan kunjungan sore tadi.

(DA / sumber: Dinas ND)

About bem 93 Articles
Website Resmi BEM FKIP Unila | Kabinet KEBANGGAAN BERSAMA | [ubemfkip.gmail.com] | Narahubung: Zulaikah – 085769611714

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*