LPPM Siapkan Desa Binaan di Lampung Timur

(Unila): Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lampung (LPPM Unila) Dr. Eng. Admi Syarif menyatakan komitmennya untuk mengembangkan Desa Margasari, Lampung Timur, sebagai desa binaan Unila terkait pengembangan Lampung Mangrove Center (LMC) di wilayah tersebut.

Menurut Admi, perkembangan pengelolaan lahan mangrove center milik Unila mengalami perkembangan pesat. Semula luas lahan yang dipercayakan pemerintah kabupaten setempat kepada Unila hanya 700 hektare, tetapi kini sudah mencapai lebih dari 1.200 hektare. Oleh karena itu upaya pengembangan kawasan tersebut harus terus dilakukan.

“Tidak hanya dalam hal riset dan pelestarian lingkungan saja, tetapi pemberdayaan masyarakat di sana juga akan kita lakukan, terutama bagi warga Desa Margasari yang tepat berada di wilayah tersebut. Sebelumnya kita telah mengajak warga untuk bersama-sama menjaga ekosistem di sana serta memanfaatkan kekayaan alam yang ada tanpa merusak ekosistem hutan,” ujarnya, kemarin.

Salah satu hal yang pernah dilakukan kepada masyarakat di sana oleh Pusat Studi Mangrove Unila, sambungnya, adalah mengajarkan masyarakat membuat kerupuk dari bahan daun jeruju yang memang banyak tumbuh di wilayah tersebut. Ke depan pihaknya akan memberikan berbagai treatment kepada warga desa di sana sehingga desa tersebut benar-benar menjadi desan binaan Unila.

Menurut Admi, hal tersebut bukan perkara mustahil karena Unila bisa memanfaatkan berbagai pos pendanaan yang ada. Terlebih saat ini Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) dan Lembaga Penelitian (Lemlit) telah digabung sehingga pemanfaatanlink yang lebih luas dapat dilakukan. “Kita bisa menggunakan anggaran Iptekda, atau iptek kewirausahaan untuk mendorong produk-produk masyarakat di sana,”  tambahnya.

Admi menilai, keberadaan LMC di Lampung Timur merupakan salah satu produk nyata keberhasilan kerja sama triple helix atau kerja sama tri partit antarperguruan tinggi, pemerintah, swasta atau masyarakat. “Di sana pemerintah daerah juga punya peranan banyak misalnya pembangunan gedung aula oleh pemab setempat. Rencananya tahun ini akan ada penambahan fasilitas lagi dari dinas kehutanan,” pungkasnya.

(DA / sumber: www.unila.ac.id)

About bem 93 Articles
Website Resmi BEM FKIP Unila | Kabinet KEBANGGAAN BERSAMA | [ubemfkip.gmail.com] | Narahubung: Zulaikah – 085769611714

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*