FKIP Benahi Sarpras Sambut Ajaran Baru

(Unila): Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeristas Lampung (FKIP Unila) upayakan beberapa pembenahan dalam rangka menyambut ajaran baru semester ganjil 2015/2016. Pembenahan berupa penambahan sarana prasarana beserta pengembangan program kerja mulai tingkat jurusan hingga program studi (prodi).

Dekan FKIP Unila Dr. Bujang Rahman mengatakan, jajarannya kini tengah mengoptimalkan peran prodi seni drama tari dan musik (sendratasik) dan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi (penjaskesrek) sebagai prioritas. Diakuinya, kedua prodi tersebut memang belum banyak diminati. Selain belum banyak diketahui publik, ketersediaan sarana dan prasarananya masih terbatas. Oleh karena itu pihak dekanat FKIP berencana melakukan pembenahan sektoril ini dalam waktu dekat.

Tak hanya itu, FKIP sedang mengembangkan metode program pendidikan berbasis kearifan lokal dan nasional di tiap prodi. Saat ini pihaknya sedang mendesain metode pembelajaran yang akan mengangkat basis keunggulan potensi sivitas akademika demi memuluskan misi memperkuat akar budaya, nilai-nilai agama, hingga norma-norma masyarakat sekaligus memperkuat fungsi empat pilar kebangsaan.

Upaya pengembangan juga dilakukan FKIP dengan wacana penambahan prodi baru yakni S-1 pendidikan seni, sastra, budaya dan aksara (Sesabudara) Lampung. Saat ini masih dalam proses dan pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan Kemenristek Dikti.

Langkah ini dilakukan dalam rangka melestarikan pengembangan budaya lokal. Apalagi dari segi jumlah, penutur dan ketersediaan akademisi-praktisi prodi Lampung masih sedikit. Kalau tidak dilestarikan lama kelamaan budaya asli Lampung akan punah.

Tapi dia berharap di tahun ajaran 2016/2017 prodi tersebut sudah menerima mahasiswa baru dengan kuota angkatan awal 40 orang. ”Jika ketersediaan sumberdaya manusia, animo masyararakat, dan daya serap lulusan prodi ini diakomodasi pihak pemerintah maka kuota ini bisa kita tingkatkan lagi,” pungkasnya.

Ketua Prodi Sendratasik FKIP Unila Fitri Daryanti menambahkan, gebrakan dekanat FKIP untuk menambah sarana prasarana maupun pengembangan program merupakan bentuk keseriusan dalam menghadapi berbagai persaingan baik di tingkat lokal, regional, nasional hingga global.

(DA / sumber: unila.ac.id)

About bem 93 Articles
Website Resmi BEM FKIP Unila | Kabinet KEBANGGAAN BERSAMA | [ubemfkip.gmail.com] | Narahubung: Zulaikah – 085769611714

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*