Visi Misi BEM FKIP UNILA 2012-2013

Bismillahirrahmanirrahim

 

I. VISI

“Sinergis, Aspiratif dan Progresif Menuju FKIP yang Ideal”

 

Penjelasan Visi:

Seperti yang kita ketahui, FKIP merupakan fakultas yang akan mecetak para pendidik Indonesia yang berkualitas, berkarakter, professional dan mampu menjadi teladan. FKIP yang ideal merupakan pengejawantahan dari FKIP yang berkualitas, berkarakter, professional danmampu menjadi teladan. Sesuai dengan Visi dekan yakni Edukatif, Inovatif dan Religius. kami pun sebagai lembaga eksekutif sudah semestinya menjadi center of excellence dari berbagai bidang yang mendukung apa yang menjadi visi FKIP baik di bidang akademis, non-akademis dan pengabdian kepada masyarakat. BEM FKIP memiliki peranan strategis untuk mewujudkan FKIP yang ideal. Ada beberapa langkah strategis yang dapat dilakukan untuk mewujudkan FKIP yang ideal.

Sinergis. SInergis disini maksudnya adalah bersinergi dengan seluruh stakeholder. Sinergisasi ini sangat penting karena gerakan mahasiswa di FKIP, pada saat ini, memiliki sifat individualis/ bergerak tanpa ada pensinergisan. Padahal, banyak isu yang dapat di usung bersama(misal fasilitas kampus yang belum maksimal, kinerja birokrat yang harus diperbaiki, serta evaluasi tentang sejauh mana visi fkip tercapai) sehingga proses menuju FKIP yang Ideal akan segera terlaksana. Jumlah mahasiswa FKIP sangat banyak dan harapan besar out put dari FKIP pun bisa menjadi guru yang mampu menjadi teladan yang baik bagi lingkungnnya, sadar kawan visi FKIP sungguh besar INOVATIF EDUKATIF RELIGIUS. Selain itu, BEM FKIP sebagai Badan yang memiliki Power, tidaklah hanya bertugas mensinergiskan lembaga-lembaga lainnya, tetapi juga harus mampu bersinergi dengan Birokrat dengan Lembaga Kemahasiswaan, Birokrat dengan Mahasiswa, dan mahasiswa dengan Lembaga kemahasiswaan agar semakin mempercepat terbentuknya FKIP yang ideal. Harapan besar dari sinergi ini adalah kita sebagai mahasiswa mampu menyuarakan suara kita untuk kebijakan publik yang merugikan rakyat dan mahasiswa. Banayak hal yang belum terpenuhi seperti tujuan pendidikan kita yaitu WAJAR (wajib belajar), apakah kita sebagai mahasiswa tidak peduli dengan keadaan pendidikan sekarang, jika bukan kita…siapa lagi..

Aspiratif disini memiliki arti BEM FKIP sebagai wadah yang mampu menampung aspirasi/harapan mahasiswa, civitas FKIP bahkan masyarakat terhadap kebijakan pemeintah, kebijakan kampus dan kebijakan dari BEM FKIP. Aspiratif disini maksudnya adalah kami ingin mewujudkan BEM FKIP yang brorientasi kepada memberikan pelayanan dan pengabdian yang tulus untuk kemajuan FKIP dan pendidikan di Indonesia.. BEM FKIP mencoba untuk tidak hanya sebagai penampung, tetapi sebagai penggerak atas harapan-harapan yang diharapkan. Kami sadar akan tugas dari BEM F adalah Menampung, menyampaikan, memperjuangkan aspirasi mahasiswa Fakultas, fungsi utama dari BEM FKIP itu sendiri, adalah sebagai Pelayanan, Pengabdian, memberi tekanan ke pada pemerintahan dan atau birokrat kampus terutama terhadap kebijakan-kebijakan yang terjadi. Sifat pelayanan kami nantinya bisa berbentuk tindakan secara langsung dan tanggap baik dengan bertemu pihak-pihak yang terkait secara langsung dan atau tulisan.  Kami pun memilik motto SIAP melayani sepenuh hati,dengan harapan, kita mampu melayani dan mengabdi dengan sepenuh hati.
Progresif yakni memiliki keinginan untuk maju. Dengan demikian, BEM FKIP yang progresif dalam TUPOKSI. Mengembalikan fungsi bem (mengakarkan bem di FKIP seperti memperdalam pengetahuan politik kampus, pelebaran jaringan bem dan memperbanyak relasi kerjasama) dan pendidilan ke arah yang lebih baik. Mencetak kader-kader(pembekaln tentang politik, keadaan pendidikan indonesia khusunya lampung, isu2 yang berkembang) yang siap untuk memberikan kontribusi untuk negri dan unila khususnya. Cita-cita kami adalah kami ingin mewujudkan BEM FKIP sebagai BEM yang bergerak secara progresif dengan segudang inovasi yang diberikan.

 

II MISI

Untuk mewujudkan visi yang kami elaborasi di atas, kami memiliki Limatujuan utama untuk BEM FKIP 2012 nanti.

  1. Optimalisasi fungsi BEM FKIP
  2. Mensinergiskan gerakan mahasiswa
  3. Optimalisasi  Pelayanan untuk mahasiswa, masyarakat dan dunia pendidikan
  4. Menjadi garda terdepan dalam pengawasan dan pengusung isu pendidikan baik lokal maupun nasional
  5. Menjadi sarana untuk mengaktualisasi potensi mahsaiswa
  6. Membangun Hubungan dan Kerjasama yang Baik dengan Pihak Eksternal

Penjelasan Misi

Optimalisasi fungsi BEM FKIP

Seperti filosofi akar yaitu semakin dalam, memperluas dan mencabang. Kebermanfaatan terasa baik umum maupun khusus, meningkatkan kinerja dan menambah jaringan untuk mencerdaskan. Memberikan pelayanan kepada masyarakat. Seperti fungsi tri dharma perguruan tinggi yaitu penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat. Dan bem lebih kita optimalkan ke pengabdian masyrakat.

Mensinergiskan gerakan mahasiswa

Menyatukan untuk kegiatan bersama, menciptakan harmonisasi kekeluargaan lembaga di FKIP.

Menjadi garda terdepan dalam pengawasan dan pengusung isu pendidikan baik lokal maupun nasional

Membudayakan baca tulis diskusi untuk memberikan presser ke pemerintahan, memberikan informasi, memberikan tawaran solusi tentang  isu-isu pendidikan,

Menjadi sarana untuk mengaktualisasi potensi mahsaiswa

Sebagai fasilitator untuk menuju FKIP yang ideal, menghidupkan budaya mahasiswa(membaca, berdiskusi, menulis).

Membangun Hubungan dan Kerjasama yang Baik dengan Pihak Eksternal

About bem 93 Articles
Website Resmi BEM FKIP Unila | Kabinet KEBANGGAAN BERSAMA | [ubemfkip.gmail.com] | Narahubung: Zulaikah – 085769611714

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*